Membuat Lilin Aromaterapi Warna-Warni

Membuat lilin aromaterapi cantik warna warni, adalah salah satu prakarya si Sulung bersama kawan-kawan saat libur dahulu. Sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Tertarik?

Persiapan
Pertama, siapkan paraffin, atau  lilin2 biasa yang dijual bebas. Tidak perlu berwarna, alias putih saja ya. Kemudian, sediakan sepaket krayon wax non-toxic, bisa beli di toko2 buku, pilih warna2 ceria. Lalu, kantong plastik bening tahan panas. Selanjutnya, beli gelas kecil cantik untuk tempat lilin. Berikutnya panci pot (dua buah lebih baik). Jangan lupa, benang tali putih/warna untuk lilin, atau bisa ambil dari lilin2 yang dibeli diatas. Terakhir minyak aromaterapi.

Nah, yang belakangan ini pilihan, lho. Kalau dirasa malah bikin anak jadi mabuk, silahkan disimpan saja buat emaknya kalau kapan2 mau spa. Heuhe.
Pembuatan
Langkah awal, boleh dilakukan oleh kita, atau oleh anak bila dirasa usianya cukup. Dalam sebuah panci pot, isi air dan masukkan paraffin/lilin sampai meleleh (jumlahnya sesuai kebutuhan). Oya jangan lupa mengambil benang tali lilin2nya. Aduk dengan gagang kayu. Kalau sudah, sebelum dingin mengeras, masukkan lilin2 tersebut ke dalam kantong2 plastik bening tahan panas yang sudah disediakan.
Minta anak memilih setiap plastik akan diberi warna apa. Potong krayon (jangan besar-besar, kecil saja seperti di gambar), dan masukkan ke dalam kantong tersebut di bagian bawah. Lakukan untuk kantong2 lilin lain warna-warna yang berbeda (hindari warna gelap).

Masak air dalam panci pot dan setelah panas, masukkan lilin cair berikut krayon ke dalam panci, tunggu sampai lilin dan krayon lumer dan menyatu seperti dibawah.

Nah, saat semua masih lumer, teteskan minyak aromaterapi, aduk2 merata, lalu tuangkan di gelas-gelas cantik yang disediakan, selapis demi lapis dengan menusukkan benang tali di tengah2 (bisa dijepit dulu dg chopstick supaya tdk goyang). Sama ketika membuat agar2 lapis, lapisan pertama biarkan mengeras dulu, kalau sudah tuangkan lapisan kedua, ketiga, dst. Sisakan benang di lapisan teratas. Voila!

Ta~daa..ini adalah hasil karya si Sulung (yaa masih dibantu2 dikit, sih, maklum masih balita). Sama seperti dia, yakin anak anda pasti bangganya minta ampun, bahkan dipajang2 di kamar tidur TANPA PERNAH DINYALAKAN..haha..

Kecuali nanti kalau mau bikin lagi, mungkin harus dihabiskan dulu stok lilin2 yang ada..-_-

Gimana, gampang kan? Selamat mencoba.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s